Rasism(e)

1 min read

Rasis adalah sesuatu hal yang membeda-bedakan antar sesama makhluk hidup, misalnya membedakan antar suku, kebudayaan, agama atau kepercayaan, warna kulit, dan sebagainya. Rasisme juga dapat dikatakan jika segolongan ras tertentu menganggap bahwa rasnya lah yang paling unggul dibandingkan ras lainnya. Salah satu penyabab timbulnya rasisme atau sering dibilang juga Gapping dalam remaja adalah adanya anggapan bahwa seseorang atau suatu kelompok merasa lebih baik dibandingkan yang lain, baik itu dari segi biologis, keturunan, suku maupun hal lainnya.

Di tengah peringatan kemerdekaan Indonesia, asrama mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya diserang. Serangan terhadap orang Papua sudah berulangkali terjadi, baik di dalam maupun luar Papua, dan dilakukan oleh polisi/militer Indonesia dan/atau warga sipil. Seperti tanggal 1 Juli, 17 Agustus, dan 1 Desember adalah waktu ketika polisi dan tentara akan mengambil tindakan keras terhadap orang Papua—sebagai catatan, operasi militer di duga berlangsung sekitar 1 Desember 2018. Serangan yang baru-baru ini terjadi di Surabaya relatif bisa diprediksi. Namun, di luar tanggal-tanggal itu, orang Papua terlalu sering mendapatkan serangan. Tak berlebihan mengatakan setiap hari ada orang Papua mengalami kekerasan dan dibunuh di kampung halamannya sendiri. Di rantau, mahasiswa Papua akrab disergap oleh ormas dan/atau polisi/tentara ketika mengadakan diskusi, pemutaran film, atau sekadar berkumpul.

Pasal 28E ayat 3 UUD 1945 menjelaskan, “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat”. Ini berarti mahasiswa Papua berhak menggelar pertemuan, dan hak itu dijamin oleh konstitusi. Namun, kenyataannya, negara sering (membantu) menghentikan paksa pertemuan-pertemuan ini. Sudah seharusnya kita bertanya: Kalau Papua bagian dari NKRI, mengapa hak konstitusional mereka diinjak-injak? Serangan terhadap orang Papua kerap mendapat pembenaran atau pemakluman dari pemerintah Indonesia. Mahasiswa Papua di Surabaya diserang karena bendera Indonesia ‘ditemukan’ di selokan persis di depan asrama mereka pada hari peringatan kemerdekaan Indonesia—dengan kata lain, ketika mereka diharapkan untuk mengibarkan dan menghormati setinggi-tingginya bendera merah putih yang dianggap mewakili para pejuang Indonesia. (Dimas Aditya).

Ikuti Kami di Sosial Media:

Kebiasaan Swafoto yang Kelewat Batas

Indonesia masih berkabung karena baru saja kehilangan salah satu tokoh berpengaruh bagi negeri ini. B.J. Habibie berpulang lantaran gagal jantung yang menyerangnya. Faktor degenaratif...
Shela Kusumaningtyas
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *